Selasa, 06 Desember 2016

Microsoft power point



A. Definisi Microsoft  Power Point
Microsoft Power Point adalah salah satu program presentasi yang popular pada saat ini. Seiring dengan perkembangan computer sebagai sabuah perangkat multimedia, presentasi bisa dirancang dengan computer. Dengan Ms. Power Point masyarakat bisa membuat dan merancang sebuah presentasi dengan menarik.

B.  Sejarah
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austinsebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987.
Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejakMicrosoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

C. Menu Ms Power Point
Di Ms. Power Point ada menu-menu yang dapat digunakan untuk mempercantik dan membuat presentasi se indah dan semenraik mungkin, sehingga para pembaca atau para pendengar presentasi tidak jenuh, dan semangat memperhatikan presentasinya. Menu-menu itu yaitu:
1. Menu File
Berisi daftar perintah yang dapat dimanfaatkan untuk pengolahan file slide yang sedang dikerjakan ataupun yang akan dikerjakan. Menu-menu itu diantaranya, menyimpan file, membuka file, membuat file presentasi yang baru, keluar dari powerpoint, mencetak slide, menentukan setting slide, dan lain-lain.


2. Menu Edit
Menu ini digunakan untuk proses penyuntingan sebuah slide. Menu yang ada di Menu Edit ini diantaranya:
Undo (membatalkan aksi terakhir)
Repeat (mengulang aksi terakhir)
Cut (memotong bagian slide)
Copy (menyalin bagian slide)
Paste (memasang/ menempelkan bagian slide yang sudah di copy)
 (menghapus isi slide)
Menu View
Menu ini digunakan untuk menentukan mode tampilan dari lingkungan kerja Power Point. Menu ini juga dapat menampilkan atau menyembunyikan beberapa perangat kerja Power Point
Beberapa menu di menu view ini yaitu:
Normal (mode tampilan normal)
Slide sorter (mode tampilan slide sorter)
Colour (menentukan warna presentasi)
Toolbar (menampilkan toolbar yang akan di tampilkan)
Zoom (memperbesar atau memperkecil tampilan)
Menu Insert
Menu ini digunakan untuk menyisipkan objek atau fitur tertentu kedalam slide. Daftar item dalam menu insert diantaranya:
New slide (menyisipkan slide baru)
Slide number (menyisipkan nomor slide)
Comment (menyisipkan komentar)
Picture (menyisipkan gambar)
Diagram (menyisipkan diagram)
Table (menyisipkan table kedalam slide)

Menu Format
Di Ms Power point, Menu Format ini digunakan untuk mengatur format atau Layout dari slide atau presentasi yang sedang dikerjakan.menu itrm dari menu format ini diantaranya adalah:

Font (menentukan jenis huruf)
Bullet and Numbering (membuat daftar angka dan daftar peluru)
Slide Layout (menentukan tata letak slide
Slide Design 9menentukan desain slide))
Line Spacing (menentukan jarak spasi antar baris)
Background (menentukan latarbelakan objek-objek slide)
Menu Tools
Menu ini berisi perangkat-perangkat bantu, baik berhubungan dengan pengolahan rian melalui slide maupun menata lingkungan kerja Power Point. Daftar menu item di menu tools ini diantaranya:
Spelling (mengaktifkan fitur pemeriksa ejaan)
Research (mengaktikan fitur pencarian melalui internet)
Language ( menentukan bahasa yang digunakan pada presentasi)
Online collaboration (bekerjasama secara Online)
Customize (manajemen toolbar dan perintah-perintah tertentu)
Option (manajemen lingkungan kerja Power Point)

Menu Slide Show
Menu slide show ini digunkan untuk tampilan mode slide show.
Daftar item yang ada dalam menu slide show ini diantaranya:
View Show (mengaktifkan mode slide show).
Set Up Show (pengaturan setting mode slide show)
Record Narration (merekam narasi untuk sebuah presentasi)
Action Button (menyisipkan tombol aksi kedalam slide)
Action Setting (menentukan aksi yang dipicu tindakan tertentu terhadap slide)
Custom Animation (menentukan bentuk animasi sendiri)
Hide Slide (menyembunyikan slide)
Custom Show (menentukan urutan tampilan slide)

Menu Window
Menu ini dapat digunakan untuk mengatur jendela kerja Power Point. Daftar item yang ada di menu window ini diantaranya:
New Window (membuka slide pada jendela baru)
Arrange All (menata semua jendela agar dapat diantarkan layar)
Cascade (menampilkan pada slide dalam bentuk cascade)
Menu Help
Di dalam menu ini, berisi fasilitas bantuan dari aplikasi Power Point termasuk Office Assistant. Menu item di menu help ini diantaranya:
Ms Power Point Help (fasilitas bantuan untuk aplikasi Power Point)
Show / hide the Office Assistant (menampilkan atau menyembunyikan karakter Office Assistant.
Ms Office Online (membuka koneksi ke internet menuju ke Microsoft Office Online
Contact Us (informasi untuk menghubungi Microsoft)
Check for Updates (memeriksa update dari Microsoft)
Activate Product (mengaktifasi produk Microsoft Office)
D. Toolbar Ms Power Point
Toolbar pada dasarnya merupakan tombol untuk mempersingkat pengaktifan perangkat bantu daripada mengaksesnya menggunakan menu. Misalnya kita ingin menyimpan dokumen, maka jika menggunakan menu, kita harus mengakses menu File kemudian di item Save, tetapi dngn toolbar, kita cukup mengklik tombol bergambar disket.
Kelompok toolbar:
Standard, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk aktifitas penyuntingan
Formtting, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk format dokumen
Control Toolbox, berisi control-kontrol masukkan seperti text box
Drawing, berisi kontrol-kontrol untuk menggambar.
Outlining, berisi tombol-tombol mengatur outlining
Picture, berisi tombol-tombol mengatur tata letak gambar
Reviewing, berisi tombortl-tombol berhubungan pelacakan dokumen
Revisions, menampilkan panel yang berisi pelacakan erhadap perubahan yang dilakukan pada slide.
Table and Borders, berisi tombol-tombol mengatur tata letak tabel
Task Pane, menmpilkan atau menyembunyikan Task Pane
Web, berisi kontrol-kontrol web browser
WordArt, berisi tombol-tombol mengaktifkan firtur wordart



Presentasi Sederhana
A.   Mengakses program Ms. Power Point
Dalam mengakses Microsoft power point ini bisa menggunakan cara yang berbeda. Ada 3 cara untuk mengaksesnya :
Dengan menklik tombol start, lalu mengklik tombol program, lalu klik Microsoft Office, kemudian klik Microsoft Office Power point.
Klik icon shortcut Power point yang ada di desktop computer/laptop kita
Mengklik salah satu document Power Point yang ada di laptop/computer.
B.   Membuka File Presentasi
Setelah membuka Microsoft Power Pointnya, klik File, lalu klik Open atau menekan tombol pada keyboard CTRL + O
Pilih dan Klik look in
Cari letak dokumen presentasi yang akan dibuka
Pada File Name ketikan nama file yang di inginkan
Klik open.

C.   Memilih Bentuk Huruf Cara memilih huruf dalam Ms Power Point
Blok teks yang akan di edit
Klik format, klik font
Editlah sesuai dengan keinginan
Klik ok

D.   Background Objek Teks
Klik view, klik slide/ klik tombol tampilan slide view
Pilihlah slide yang diinginkan
Untuk motif belakang, klik format, klik color & lines
Pilih color, klik fill effects
Pilihlah warna yang diinginkan
Untuk mendapatkan gambar atao foto yang diinginkan, harus menyimpan foto atau gambar ru terlebih dulu di suatu folder, setelah itu cari letak dan buka folder berisi gambar atau foto itu.

E.   Menyisipkan Objek, Audio dan Video pada Presentasi, mengatur efek dan transisi
1. Menyisipkan Objek
Untuk menyisipkan objek gambar (clipart/picture), dapat dilakukan dengan cara:
Melalui kotak dialog New Slide, klik text & clipart
Melalui menu insert klik clipart
Melaluiicon Insert picture Clip Art yang ada pada toolbar Drawing yang ada dibawah
Kemudian pilih gambar yang diinginkan
2. Audio & Video
Untuk memberikan efek audio dan video dalam Ms Power point:
Buet terlebih dahulu menu dalam slide sebagai petunjuk nafigasi
Blok salah satu petunjuk nafigasi
Klik kanan mouse pada dalam daerah yang telah di blok
Pilih icon Action Setting..
Klik Hyperlink to..
Pilih other file..
Cari folder dimana film itu didimpan.
Klik ok.

Presentasi Bernavigasi
A.   Mengabungkan Dokumen Presentasi Hyperlink
Jika kita punya atau telah membuat beberapa slide presentasi dan kita akan menggabungkannya untuk mempermudah cara [enyampaian presentasi di perlukan suatu nafigasi yang baik.
Penggabungan beberapa slide/ beberpa document yang sama / berbeda dapat dilakukan dengan cara:
Klik slide show
Pilih Action Button
Pilihlah bentuk Action Button yang sesuai dengan kebutuhan
Jika berukpa teks, teks tersebut di blok terebih dulu lalu klik kanan pilih Action Settings
Pilih Hyperlink to..
Jika yang akan ditampilkan berupa slide, pilih slide
Jika yang akan ditampilkan berupa file yang berbeda, klikOther file, cari folder letak dari file/dokumen yang akan diaktifkan, setelah itu klik Ok
Jika ingin mengakhiri tampilan dari program presentasi pada Hyperlink to.. pilih dan klik End Show.

B.   Mengatur Urutan Slide
Agar kite dapat mempermudah pengeditan, menambahkan animasi, dan mendapatkan suatu program presentasi, maka urutan slide yang baik dalam program presentasi sangat diperlukan.
Mengurutkan slide dengan cara:
Klik gambar slide yang akan dipindahkan (urutkan) pada sebelah kiri pada lembar kerja Power Point.
Di drag (menggeser mouse tanpa melepas klik atau tetap di tekan sampai pada tempat dimana slide akan dipindahkan) ke tempat yang diinginkan.

C.   Tabel Kita dapat membuat tabel dengan beberapa cara melalui kotak dialog New Slide, Tool bar standars atau menu insert. Cara membuat tabel:
Aktifkan file presentasi yang ingin disisipkan tabel
Klik insert, klik Table
Atau klik pada format, lalu klik Slide Layout,
Pilih tabel
D.   Grafik  Membuat grafik dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Klik format,
Pilih dan klik Slide Layout yang diinginkan
Klik double klik pada tanda chart di tengah slide
Klik insert
Pilih dan klik chart
Pilih grafiknya dan masukan datanya

E.   Diagram Langkah-langkah memasukkan diagram ke Microsoft power Point:
Klik insert, pilih dan klik Slide  Layout
Pilih Slide Layoutyang diinginkan
Klik insert, klik diagram
Pilih dan klik diagram yang mana yang diingikan
Klik insert shape, pilih yang diinginkan
Pilih layout diagram yang diinginkan
Pilih design diagramnya
Input data-datanya ke diagram

Menggabungkan data lain dan membuat paket dan cetakan presentasi A.   Mencetak slide
1.          Pengaturan Slide format percetakan
Sebelum melakukan percetakan ada beberpa hal yang perlu dilakukan, seperti:
Menentukan ukuran slide yang sesuai dengan jenis media percetakan.
Member nomor pada slide
Oriendasi percetakan (landscape atau portrait)
Prosedur yang harus dikerjakan:
1. Tampilkan file presentasi dalam tampilan slide show
2. Klik menu file lalu klik page up
3. Klik panah bawah pada kotak Slides sized For..:
–            On screen show, menentukan ukuran slide yang dicetak seperti tampilan pada layar –            Letter paper (8,5x11inc), –            A4 paper (210x297mm) –            35mm –            Custom
4. Pilih dan klik yang diinginkan
5. Tentukan tinggi lebarnya slide pembagian width dan height
6. Tentukan nomor awal halaman slide yang akan dicetak pada bagian Number Slides for
7. Klik pilihan orientasi pencetakan slide pada bagian slides
8. Klik pilihan orientasi pencetakan catatan (notes), handouts, dan outline pada bagian Notes, Handouts & Outline
9. Klik ok untuk konfirmasi

2.          Pencetakan Slide ke Printer
Setelah melakukan format slide yang akan dicetak, sekarang dapat mencetak melalui printer.:
1. Aktifkan file presentasi yang akan di print
2. Klik menu file lalu pilih Print
3. Klik panah bawah bagian printer untuk memilih jenis printer
4. Tentukan halaman yang akan dicetak pada bagian Print Range:
All
Current slide
Slide
5. Klik panah atas atau bawah untuk menentukan jumlah salinan cetakan yang diinginkan.
6. Klik panah bawah pada bagian Print What untuk menentukan yang akan dicetak
7. Tentukan pilihan pencetakan yang lain
8. Klik ok.
3.          Mencetak beberapa slides dalam satu halaman
1)        Aktifkan file presentasi yang akan dicetak
 2)        Klik menu File, lalu pilih Print (CTRL – P)
3)        Tentukan nama printer pada bagian Printer Name
4)        Klik all pada Print Range
5)        Klik tombol panah bawah pada print what, lalu pilih handsout
6)        Klik tombol panah bawah pada slide perpage untuk menentukan jumlah slide setiap halaman tercetak
7)   Klik ok untuk konfirmasi
Pencetakan slide maksimal dalam satu halaman sebanyak 9 slide, sesuai dengan format yang diberikan kotak slide perpage hanya satu digit.

Simak juga vidio tutorialnya




0 komentar:

Posting Komentar

 
Dian Pratiwi Blogger Template by Ipietoon Blogger Template